APA ITU VIRUS CORONA?



Corona Virus saat ini sudah mencapai ke beberapa negara di Dunia. Negara yang telah membenarkan adanya Virus ini telah melalukan pengamanan dan upaya masuknya Virus.
Usaha yang dilakukan misalnya Mencuci Tangan serta menggunakan Masker Upaya lain juga dilakukan supaya korban infeksi virus corona bisa segera pulih, sehingga tak perlu menambah korban jiwa.

1. Apa itu VIRUS CORONA?

Sebenarnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius.

Virus corona mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Sebelumnya pada 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019 di China. Pada akhir Januari 2020, ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di China. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.

2. Ciri-Ciri Virus Corona.

Virus corona atau Corona Virus pertama kali diidentifikasi pada 1960, namun tidak diketahui asal virusnya. Nama corona virus berasal dari bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus corona bisa menginfeksi hewan dan manusia.

Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.

Tiap orang mungkin pernah terinfeksi corona virus atau Virus Corona sedikitnya sekali. Di Amerika, infeksi coronavirus biasa terjadi pada musim dingin dan gugur. Infeksi biasa terjadi pada anak-anak, namun siapa saja bisa terkena coronavirus.

3. Penyebaran Virus Corona

Infeksi Virus Corona kini semakin menyebar hingga ke 13 negara di dunia. Negara tersebut adalah China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

4. Pencegahan Virus Corona.

- Membersihkan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, serta setelah memegang instalasi publik.

- Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, gunakan alkohol 70-80% hand rub.

- Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika memiliki gejala saluran pernafasan, gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

5. Sedangkan jika anda hendak melakukan perjalanan ke lokasi yang sudah ditemukan kasus Virus Corona ada baiknya anda melakukan beberapa pencegahan sebagai berikut :

- Hindari menyentuh hewan atau burung.

- Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan, atau pasar hewan hidup.

- Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernafasan.

- Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.

- Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di daerah outbreak terutama demam atau batuk, gunakan masker dan segera kunjungi layanan kesehatan terdekat.

- Setelah kembali dari daerah out break, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain. Jangan lupa untuk menginformasikan ke dokter soal riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.

Sekian dari saya, jika ingin berpergian keluar rumah ada baiknya anda menggunakan masker dan mencuci tangan.. Stay save teman" semoga kita dilindungi dari segala macam penyakit.


loading...

No comments:

Post a Comment